Sekilas Tentang PHP

in

      Dah lama ga posting..ngerasa bersalah sama blog..hoho..mumpung hari ini libur iseng-iseng bikin postingan baru, biar blognya ga terlalu keliatan ditelantarin..ngek..haha..
      Ok..postingan saya kali ini akan ngebahas tentang PHP (tp cm sekilas loh, sesuai judul..haha). Yak, langsung aja. Mmm..kamu pasti dah sering denger tentang PHP. Apalagi bagi kamu yang udah biasa banget bergelut sama dunia per-Web-an, wis ga usah lagi baca artikel ini dah master jugakan..hoho (bacanda *_*).

     Trus apa sih sebenernya PHP itu? nah berdasarkan  informasi yang saya dapat dari situs resmi PHP, “PHP.net”, PHP (PHP: Hypertext Prepocessor) merupakan bahasa pemrograman web yang dapat disisipkan dalam script HTML. Banyak sintaks di dalamnya yang mirip dengan bahasa C, Java dan Perl. Nah, tujuan dari bahasa ini adalah membantu para pengembang web untuk membuat web dinamis dengan cepat.
      Ketika seseorang mengunjungi web berbasis PHP, web server akan memproses code-code PHP. Beberapa perintah atau code dari PHP tersebut selanjutnya ada yang diterjemahkan ke dalam HTML dan beberapa ada yang disembunyikan (misalnya proses kalkulasi dan operasi). Setelah diterjemahkan ke dalam HTML, web server akan mengirim kembali ke web browser pengunjung tersebut.
      PHP sering disebut sebagai bahasa sisi server (server-side). Kenapa? Karena pemrosesan program PHP memang dilakukan di lingkungan web server. Jadi, ketika dipanggil web browser, program yang ditulis dengan PHP akan di-parsing ke dalam web server oleh interpreter PHP dan diterjemahkan ke dalam dokumen HTML, trus akan ditampilin lagi ke web browser.
      Nah bagi kamu yang pengen belajar php, paling ga kamu harus punya modal dasar dulu. Buat yang lagi kere jangan nangis dulu  yak! bkn modal duit kok hohoho...Trus apa dunk modalnya? Yah..paling ga kamu harus ngerti HTML dan dasar-dasar pemrograman (klo dah paham C++ udah mantaplah..hoho)
       Nah, buat bekerja dengan PHP kamu juga perlu beberapa aplikasi ,

  • Web server (Apache, IIS, Personal Web Server/PWS)
  • PHP server (dapat didownload di PHP.net)
  • Database server (MySQL, Interbase, MS SQL, dll)
  • Web Editor (Dreamweaver, Frontpage, dll)
      Sip, sampe sini dulu penjelasannya, ditunggu aja artikel selanjutnya..hohoho

2 komentar:

Taufik Ismail mengatakan...

nak nnyo dikit yuk
ckmn buat blog ck ini...ajari oi

My Inspiration mengatakan...

ngeeek..bayar 5 juta dlu kak...
gek amel kasi tutorial *sombong haha

Posting Komentar

This entry is filed under .

You can also follow any responses to all entry through the RSS Comments feed.