Pembuatan Objek dalam PHP

in

    Kalau di artikel sebelumnya kita sudah ngebahas tentang "Apa itu PHP", kali ini kita akan ngebahas tentang cara pembuatan objek di dalam PHP. Seperti yang sudah kita ketahui, PHP ini mendukung Object-Oriented Programming (OOP). Inilah yang membuat PHP mudah dalam proses debugging, maintenance, dan reusable code.
    Yang perlu diingat, di dalam PHP, kelas merupakan unit terpenting. Sama seperti bahasa pemrograman berbasis object oriented lainnya, dalam PHP, kelas juga memiliki variabel dan metode. Nah, dalam PHP kelas didefinisikan dengan menggunakan kata class.
     Dari pada ngomong panjang lebar, mending kita langsung ke contoh aj ya..hoho. Misalkan, sudah ada kelas person, seperti yang ada dibawah ini. Di dalam kelas person, terdapat atribut nama dan metode nama.



     Dari kelas di atas, kita dapat membuat objek. Syntax-nya, sebagai berikut;


     Pada baris pertama, objek dibuat. Sedangkan pada baris kedua, kita memanggil metode person. Maka output yang akan keluar adalah "Hai Amelia" (tanpa tanda petik). Jadi, kita dapat membuat objek dengan menggunakan kata new, sedangkan metode dan variabel dapat kita akses melalui operator ->.



pustaka : Modul Pemrograman Web, Budi Raharjo

0 komentar:

Posting Komentar

This entry is filed under .

You can also follow any responses to all entry through the RSS Comments feed.