Tentang Xampp...

in

    Xampp?? pertama kali saya denger kata itu, bingung...kira-kira ni jenis mainan apa y?? hahahha... Pertama kali saya tau xampp ini sejak ikut kuliah Sistem jaringan Komputer dan Komunikasi atau kalau di kampus saya biasa disingkat Sisjarkom. Pertama kali dosen saya nyebut-nyebut si xampp saya berasa cupu bin gaptek banget, gimana ga? di saat
temen-temen saya pada ngangguk-ngangguk ngerti (kayaknya sih dah paham banget) saya malah celingak celinguk kebingungan...haduuuuh...duuuhhh...Ternyata setelah saya tanya sana sini, temen maupun om saya (om google maksudnya :malu), saya baru 'ngeh' dengan yang namanya Xampp. Karena itu disini saya ingin berbagi sedikit ilmu saya tentang Xampp.
    Xampp  adalah semacam satu paket komplit web server yang dipasang di sistem operasi. Kenapa disebut paket? ini karena di dalam xampp itu sudah ada apache (web server), MySQL (database), PHP (server side scripting), dan pustaka bantu lainnya. Jadi dengan menginstal xampp, kamu tidak perlu lagi melakukan instalasi dan konfigurasi web server Apache, PHP dan MySQL secara manual. Karena seperti yang kita tahu, dilihat dari pengalaman saya juga sih (hehe...) konfigurasinya itu agak ribet. Dan yang labih mengasyikkan lagi (hehehe) Xampp ini tidak hanya tersedia untuk  sistem operasi Widows saja tapi juga tersedia untuk sistem operasi Linux,  MacOS dan lainnya juga. Karena itulah si xampp ini sangat memudahkan dalam membuat web server multiplatform.
     Menurut pengalaman saya, saat penginstallan xampp kadang-kadang ditemui beberapa masalah. Misalnya, pada saat xampp telah terinstall ternyata apache dan MySQLnya tidak bisa di running. dulu, saat saya pertama sekali install xampp, apache saya tidak mau jalan. Ini yang bikin saya bingung, setelah saya tanya sana sini plus otak atik lepi akhirnya saya tahu penyebabnya. Ternyata port yang digunakan apache xampp saya sudah dipakai oleh aplikasi lain. Dan setelah saya uninstall aplikasi tersebut apache saya bisa running..hehe.

0 komentar:

Posting Komentar

This entry is filed under .

You can also follow any responses to all entry through the RSS Comments feed.