Situs atau Website

in

     Situs dan Website merupakan hal yang sama. Sebenarnya istilahnya adalah 'situs web' tapi orang-orang sering menyebutnya situs saja atau website. Situs ini pengertiannya adalah sebutan bagi sekelompok web page yang biasanya merupakan bagian dari suatu domain World Wive Web (WWW). WWW ini terdiri dari seluruh situs web yang tersedia untuk publik. Nah halaman web yang biasa kamu akses itu diakses lewat URL. Tapi tidak semua web itu dapat kamu akses secara gratis, ada beberapa web yang memerlukan pembayaran dalam pengaksesannya.
    Situs atau website terdiri dari dua macam, yaitu  statis dan dinamis. Website statis lebih mudah dalam pembuatannya. Dalam pembuatannya kita dapat menggunakan software seperti Adobe Dreamweaver, Microsoft Frontpage atau yang lainnya. Dengan menggunakan software-software tersebut dapat sangat memudahkan kamu dalam pembuatannya, bahkan kamu nyaris tidak harus menuliskan kode html. Kerugian dari website ini adalah ke-statis-annya ini, maksudnya? yah dari namanya saja mungkin kita sudah bisa menilai. Tampilan dengan informasinya menyatu, jadi kita harus mengubah data dengan cara langsung mengubah pada tampilan halamannya.
Berbeda dengan website statis, sebenarnya website dinamis memberikan keuntungan yang lebih banyak. Walaupun sebenarnya dalam pembuatannya dibutuhkan lebih banyak waktu, pikiran dan tenaga. Tapi setelah website tersebut jadi, maka dalam update data maupun pengembangan website tersebut akan lebih mudah.

Lalu apa saja yang kamu perlukan untuk membuat website? ya...tentu saja komputernya (hehehe...). Yang lainnya yang perlu digunakan adalah software web server, script web, editor untuk script, dan software database. Kalau umumnya sih, biasanya orang-orang menggunakan apache (sebagai web server), PHP (sebagai script webnya), dan MySQL (sebagai software databasenya). Dan ada lagi orang yang lebih memilih memakai Xampp, karena Xampp merupakan paket dari apache dan MySQL. Nah dengan apache, php dan MySQL kamu dapat membuat website di localhost komputermu. Setelah webmu selesai dibuat, kamu dapat menguploadnya ke web hostingnya dan agar webmu bisa diakses kamu juga harus mendaftarkan nama domainmu.

0 komentar:

Posting Komentar

This entry is filed under .

You can also follow any responses to all entry through the RSS Comments feed.