11 Fakta Menarik Tentang Darah

in

          Si merah kental  ini sangat berguna bagi tubuh. Sebab tugasnya sangatlah penting, yaitu  mengedarkan oksigen dan sari makanan ke seluruh tubuh. Selain itu, darah juga mengangkut karbondioksida ke paru-paru dan mengedarkan hormon ke seluruh tubuh. Tentu saja masih banyak hal menarik tentang darah, berikut ini merupakan 11 fakta menarik tentang darah :
  1. Darah melakukan perjalanan sejauh 9000 km untuk mengitari seluruh tubuh manusia. Jarak ini hampir sama jauhnya dengan jarak dari kota Jakarta ke kota Roma di Italia (hm..jauh bgt y...).
  2. Meskipun harus menempuh perjalanan jauh, sel darah merah bisa mengelilingi seluruh tubuh dalam waktu 20 detik saja! wuaaaahh, berarti sel darah merah bisa melesat jauh lebih cepat dari pesawat jet loh
  3. Jantung manusia memompa sekitar 1250 galon atau sekitar 4731,75 liter darah dalam sehari...wow..
  4. Satu-satunya bagian tubuh yang tidak punya pembuluh darah adalah kornea mata.
  5. Darah manusia memang kelihatan kental. Namun sebenarnya, darah manusia sama kentalnya dengan air laut loh.
  6. Setiap hari tubuh kita menghasilkan sampai seratus milyar sel darah merah.
  7. Laki-laki mempunyai 1 juta sel darah lebih banyak daripada perempuan.
  8. Golongan darah yang paling banyak di dunia adalah golongan darah O. Sedangkan golongan darah yang paling sedikit adalah golongan darah AB yaitu hanya 4% dari jumlah manusia di dunia.
  9. Tubuh kita memiliki 50-75 triliun sel. Separuhnya adalah sel darah merah. Setiap sel darah merah bisa mengirimkan satu milyar molekul oksigen.
  10. Tubuh manusia membuat dan mematikan 15 juta sel darah merah per detik.
  11. Kalau dibentangkan dari ujung ke ujung, pembuluh darah kapiler, arteri dan nadi dalam tubuh manusia, bisa sangat panjang. Kira-kira 90.000 km untuk tubuh anak-anak dan 160.000 km untuk orang dewasa. Panjang pembuluh darah manusia itu bisa untuk mengelilingi bumi hampir 4 kali.


sumber :Bobo edisi 7 Mei 2009

0 komentar:

Posting Komentar

This entry is filed under .

You can also follow any responses to all entry through the RSS Comments feed.